Sumber :https://www.jmc.co.id/ |
Perkembangan teknologi digital mendorong semua orang merubah pola sosial dan ekonominya, Begitu juga dengan berbagai perusahaan swasta, isnstansi pemerintah, organisasi hingga perorangan sekalipun.
Bagaimana dengan orang-orang yang mengelola bisnis?
Tentunya dengan perkembangan teknologi saat ini mau tidak mau siapapun harus ikut masuk dalam ekosistem digital, hal tersebut dilakukan agar perusahaannya/organisasinya dapat tetap eksis dan bertahan diera persaingan 4.0 ini.
Nah, jadi apa sih peran sebuah website untuk sebuah bisnis yang sedang menghadapi era digital saat ini? Dimana kedudukan dan fungsi konkret dari sebuah website bagi seseorang, atau untuk sebuah perusahaan, lembaga, atau juga instansi pemerintah sekalipun.
Untuk mempermudah pemirsa memahami hal ini mari kita simak sebuah contoh kasus.
1. Disebuah fasilitas kesehatan (Kita sebut misalnya saja Rumah Sakit) memiliki alur pelayanan kesehatan sebagai berikut:
Pasien yang datang akan dilayani oleh seorang petugas pendaftaran, diamana petugas ini melakukan pencatatan data identitas pasien berdasarkan kartu identitas yang dibawanya, setelah proses pencatatan selesai kemudian petugas akan menanyakan tujuan kunjungan.
Apakah pasien bersangkutan akan menuju poliklinik (rawat jalan) atau menuju IGD hingga rawat iniap.
Petugas pendaftaran kemudian melakukan pencatatan kembali mengenai tujuan kunjungan tersebut dan mengarakhan ke instalasi yang sesuai.
Setelah itu pasien bersangkutan mungkin akan mendapatkan nomor antrian, atau mungkin pasien bersangkutan diharuskan menjalani rawat inap namun kamar inap tidak tersedia.
Pada ilustrasi tersebut terlihat jelas bahwa antara prosedur yang berjalan dengan informasi yang berlangsung dilakukan secara manual.
Dengan hal ini banyak resiko kesalahan dan aspek negatif akibat tidak efektifnya informasi tersebut disampaikan.
2. Sebuah distro pakaian anak muda memiliki rencana promosi untuk meningkatkan penjualan produknya.
Mungkin beberapa tahun yang lalu diantaranya masih relevan apabila bisnis semacam ini memasang pesan-pesan promosinya melalui media masa koran, radio atau malah televisi.
Bagaimana dengan biaya promosi tersebut apakah sebanding dengan nilai penjualan yang diperoleh.
Beberapa tahun belakangan media informasi berkembangan arah kecendrungannya beralih ke platform internet.
Tugasnya sekarang adalah bagaimana bisnis tersebut dapat menyampaikan pesan-pesan promosi dan pemasarannya secara terperinci, memperkenalkan produknya dan membangun komunitas digital yang loyal akan produknya tersebut.
Berdasarkan dua contoh ilustrasi tersebut di atas maka kita bisa mengambil kesimpulan bahwa, bagaimana sebuah bisnis dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi dari alur pekerjaan dengan memanfaatkan sumber daya digital yang ada pada saat ini.
Bagaimana informasi dapat disampaikan secara akurat, terperinci, jelas dan dapat dipertanggungjawabkan.
Teknologi internet telah membuka peluang besar bagi siapapun untuk memperluas bisnis dan menyebarkan informasi hingga kepelosok.
Oleh sebab itu, tidak dapat dipungkiri bahwa internet telah mendobrak batas-batas informasi yang sebelumnya dianggap tidak mungkin.
A. Memperkenalkan Website
Website adalah sekumpulan data informasi yang dibangun menggunakan bahasa pemrogaman yang dapat dipahami oleh mesin browser, diamana didalamnya dapat menampilkan text, image, audio, vidio hingga animasi.
Sebuah data dari halaman website dapat diakses melalui jaringan internet kemudian dapat juga mengalami berbagai proses rekayasa didalamnya.
Dengan perkembangan infrastruktur jaringan internet, penyimpanan database dan inovasi pada bahasa pemrogaman pada saat ini, sebuah website dapat menyampaikan data dengan ukuran besar dalam waktu singkat.
B. Website Dapat Memperkenalkan Bisnis
Bayangkan, jaman dulu sebuah perusahaan menghabiskan jutaan rupiah hanya untuk memperkenalkan bisnisnya pada masyarakat melalui berbagai media dan strategi promosi.
Ada yang mencetak banyak brosur kemudian menyebarkannya dijalan, ada yang memasang iklan di radio, TV lokal hingga nasional.
Ada juga yang memasang iklan di kolom koran atau majalah.
Kelemahannya semua media tersebut memiliki keterbatasan pada jumlah materi promosi yang ingin disampaikan karena limit dari durasi ataupun luas kolom pesan iklan sangat kecil.
Bagaimana jika sebuah bisnis yang ingin menyampaikan keseluruhan pesan promosinya yang memiliki kompleksitas tinggi.
Misalnya perusahaan jasa kontruksi, supermarket yang ingin memberikan informasi barang apa saja yang sedang diskon, perusahaan penyedia jasa kursus yang harus menyampaikan alur pelayanan pendidikannya dan perusahaan-perusahaan lain yang membutuhkan penyampaian bisnis yang cukup lengkap.
Sebuah website dengan biaya yang kecil dapat memperkenalkan bisnis secara terperinci tanpa dibatasi sebanyak apa pesan informasi yang ingin dipublikasikan.
C. Website Dapat Menjalankan Bisnis
Artinya sebuah bisnis dapat dijalankan secara automatis oleh sistem melalui website.
Dari mulai rangkaian promosi, penjualan, transaksi, pengiriman barang hingga riset dan pengembangan bisnis itu sendiri.
Beberapa sistem yang sudah dikembangkan juga memungkinkan sebuah sistem pada website menyajikan laporan keuangan, menyimpan data karyawan, melakukan penggajian, menghitung bonus hingga secara automatis melakukan penilaian performa karyawan itu sendiri.
Semua kegiatan bisnis itu dijalankan secara automatis dengan meminimalisir campur tangan manusia.
Dampak positifnya bisnis akan berjala sangat efisien dan menjanjikan keuntungan yang besar bagi perusahaan.
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan kirim komentar