Bridging SIMRS Dengan VClaim v.2 (Cek Kartu Peserta)

Bridging Aplikasi SIMRS (Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit) dengan Vclaim v.2 (BPJS Kesehatan) dapat melakukan pengecekan status peserta berdasarkan nomor kartu. Untuk mengembangkan fitur ini sebetulnya sangat mudah, karena arsitektur aplikasi dapat dibuat hampir sama denga proses cek status peserta berdasarkan NIK. Dengan fitur ini kita bisa mempermudah pengguna (petugas rumah sakit)


Artikel berikut ini adalah bagian dari seri belajar membuat aplikasi SIMRS berbasis web. Oleh sebab itu, bagi anda yang belum mengikuti dari awal, alangkah baiknya jika mengikuti seri dari awal terlebih dahulu. Silahkan kunjungi link berikut ini (seri belajar membuat aplikasi SIMRS berbasis web) untuk melihat daftar materi pembelajar lebih lengkap.


Baiklah, tanpa harus menunggu lebih lama kita langsung saja melanjutkan project kita sebelumnya. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.


1. Instal Composer dan Library Lz String

Sebelumnya kita sudah membahas kedua hal ini pada artikel Kompresi Dan Dekompresi Data Menggunakan LZ String Pada Pemrograman PHP dan Bridging SIMRS Dengan VClaim v.2 (Cek NIK Peserta) Silahkan ikuti kedua artikel tersebut terlebih dulu.


2. Buat Tampilan Detail Status Peserta Berdasarkan Nomor Kartu

Buat file baru pada directory _Page/Pasien/FormDetailBpjs.php kemudian ketikan kode berikut ini:


2. Pastikan Event Detail Peseerta Mengarah Ke File tErsebut

Pada file yang ada di directory _Page/Pasien/Pasien.js pastikan modal detai pasien berdasarkan kartu mengarah ke _Page/Pasien/FormDetailBpjs.php


3. Melakukan Pengujian Aplikasi

Silahkan lakukan pengujian pada aplikasi, buka menu masien dan pada data pasien klik pada bagian nomor kartu BPJS. Jika benar maka sistem akan menampilkan tampilan sebagi berikut:


Silahkan ikuti seri belajar membuat SIMRS ini lebih lengkap pada tautan berikut


Download Full Source Code via Git Hub

Download Full Source Code Via G-Drive


Silahkan lakukan request, atau hubungi saya melalui kolom komentar

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan kirim komentar