Bridging SIMRS Dengan VClaim v.2 (Cek NIK Peserta)

Dengan melakukan bridging BPJS pada Vclaim v.2 maka aplikasi SIMRS yang dikembangkan bisa melakukan beberapa pemanggilan data, salah satunya adalah proses pengecekan status peserta berdasarkan NIK. Fitur ini bisa sangat membantu SIMRS yang dikembangakan sehingga mempercepat proses pelayanan, karena petugas tidak lagi harus melakukan pengecekan status pada aplikasi vclaim secara terpisah.


Lebih jauh, pengembang SIMRS bisa meningkatkan kehandalan fitur pengelolaan data master pasiennya. Misalnya bisa diterapkan pada saat melakukan pendaftaran pasien baru, sehingga proses lebih mudah dan cepat. Dengan fitur ini, pasien cukup membawa kartu KTP untuk memvalidasi identitasnya pada saat akan melakukan pendaftaran pelayanan kesehatan.


Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana melakukan bridging dengan vclaim v.2 khususnya proses cek NIK peserta. Adapun contoh project ini akan melanjutkan modul kelola data pasien yang sudah pernah kita bahas. Oleh sebab itu, bagi yang belum tahu bisa kunjungi terlebih dulu seri belajar membuat SIMRS sendiri pada tautan berikut (Membuat Aplikasi SIMRS Berbasis Web).


Berbeda dengan versi sebelumnya, pada bridging kali ini perlu dilakukan proses deskriptif dan dekompresi karena response yang diterima berupan data yang sudah di enkripsi dan terkompresi. Untuk menambah pemahaman proses tersebut, silahkan kunjungi juga artikel yang membahas kompresi dan dekompresi tersebut pada tautan berikut "di sini".


Sebelum melakukan bridging, saya asumsikan para pembaca sudah memiliki data parameter penting sebagai informasi ijin aksesnya berupa consis, user_key, secret_key dan kode ppk. Bagi yang belum memiliki kode-kode tersebut silahkan melakukan pengajuan ke BPJS wilayahnya masing-masing. Baiklah, kita langsung saja ke langkah-langkahnya:


1. Instalasi Composer

Sebelum ke proses kompresi dan dekompresi kita harus menginstal Composer terlebih dulu agar mempermudah pemasangan library lainnya. Silahkan kunjungi website resminya di https://getcomposer.org/download/
Setelah memperoleh instalernya silahkan instal sampai selesai seperti biasa.


2. Instalasi Library Dekompresi dengan Lz String

Untuk implementasi penggunaan algoritma LZ-string pada pemrograman PHP dapat dilakukan dengan sangat mudah. Pada kesempatan kali ini, kita akan menggunakan sebuah library yang dibuat oleh 'nullpunkt'. Lebih jelasnya kita mulai dengan tahap-tahap penggunaannya sudah ada pada artikel berikut ini Kompresi Dan Dekompresi Data Menggunakan LZ String Pada Pemrograman PHP silahkan ikuti langkah-langkahnya. Jika sudah kembali ke tutorial ini.


3. Membuat Fungsi Pengaturan Bridging

Silahkan buka project yang sudah didownload sebelumnya, tersedia pada artikel sebelumnya, atau pada akhir artikel ini. Lakukan perubahan pada file pada _Config/Function.php kemudian tambahkan baris kode berikut.

 1
 2
 3
 4
 5
 6
 7
 8
 9
10
11
12
function getSettingVclaim($Conn,$parameter){
        $QryParam = mysqli_query($Conn,"SELECT * FROM pengaturan WHERE kategori_pengaturan='Bridging Vclaim' AND status='Active'")or die(mysqli_error($Conn));
        $DataParam = mysqli_fetch_array($QryParam);
        if(empty($DataParam['pengaturan'])){
            $Response="";
        }else{
            $pengaturan=$DataParam['pengaturan'];
            $JsonData =json_decode($pengaturan, true);
            $Response=$JsonData[$parameter];
        }
        return $Response;
    }


4. Modifikasi Data Tabel Pasien

Buka file pada directory _Page/Pasien/TabelPasien.php kemudian ubah menjadi seperti berikut:


5. Modifikasi jQuery Data Pasien

Buka file pada directory _Page/Pasien/pasien.js kemudian ubah menjadi seperti berikut:


6. Modifikasi Popup/Modal Pasien

Buka file pada directory _Page/Pasien/Modalpasien.php kemudian ubah menjadi seperti berikut:


7. Menampilkan Detail Informasi NIK pasien

Buat sebuah file pada directory _Page/Pasien/FormDetailNik.php kemudian ubah menjadi seperti berikut:


8. Melakukan Pengujian Aplikasi

Silahkan lakukan pengujian pada aplikasi, buka menu masien dan pada data pasien klik pada bagian nik. Jika benar maka sistem akan menampilkan tampilan sebagi berikut:


Silahkan ikuti seri belajar membuat SIMRS ini lebih lengkap pada tautan berikut


Download Full Source Code via Git Hub

Download Full Source Code Via G-Drive


Silahkan lakukan request, atau hubungi saya melalui kolom komentar

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan kirim komentar